Langsung ke konten utama

Salah Satu Kerugian Melalaikan Sholat

Minggu lalu di sekolah saya diadakan ujian praktek, teman-teman biasa memanggilnya dengan 'uprak'. Hari terakhir, jadwal uprak di kelas saya salah satunya adalah agama. Kami dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok saya urutannya adalah praktek wudu, shalat jenazah, tayamum, ngaji, doa-doa.

Abis praktek wudu, kita kan pake mukena terus duduk di samping masjid bersama seorang guru perempuan, nama beliau adalah Ibu Khodijah. Awalnya kami dites sholat jenazah lalu bacaan sholawat. Ibu Khodijah bilang tentang alasan kenapa malah sholawat yang dites? Padahal bacaan sewaktu sholat jeazah bukan hanya sholawat.

Ibunya bilang kalo sholawat itu penting, kalo ga baca sholawat pas tahiyat ahir (saat sholat), berarti kita ga sah dong sholatnya? nah terus ada part dimana ibu cerita tentang yang saya tulis di bagian judul postingan kali ini.

Sebenernya kata beliau, kalo kita ga sholat (melalaikan sholat) itu bakal dapet 15 macam siksaan. Ada yang didapet pas di dunia, saat maut menjemput, di akhirat, dan sebagainya (saya lupa). Salah satu siksaan yang didapat saat di dunia adalah dihapuskannya nama kita dari deretan nama orang sholeh.

Beliau bilang katanya itu sangat rugi, kenapa? karena, orang sholeh itu punya hak. Salah satu hak orang sholeh adalah didoakan oleh setiap muslim yang sholat. Inget ga bacaan pas tahiyat akhir yang kaya gini, 'assalamu'alaina wa 'ala ibadillahissholihin'? Inget dong pastinya. Ya itu tuh artinya kurang lebih: keselamatan bagi orang-orang yang sholeh.

Bayangin kalo tiap kita sholat pasti kan baca bacaan itu, kita sama aja ngedo'ain orang-orang yang sholeh. Kalo kita bisa masuk ke dalam golongan orang sholeh (amin), sungguh beruntung sekali bukan? Dalam satu kali waktu sholat berapa banyak umat muslim di dunia ini yang sholat? Dikali 5 waktu dalam sehari dan dikali untuk berapa hari, berapa minggu, berapa bulan dan berapa tahun. Sungguh banyak sekali bukan?

Nah kalo nama kita aja udah dihapus dari deret nama orang sholeh gara-gara melalaikan sholat, ga bakal dong kita bisa mendapatkan kesempatan didoain sama orang sebanyak itu?

Well, itu adalah salah satu kerugian kalo kita melalaikan sholat. Mudah-mudahan kita bisa menjaga sholat kita. Akhir kata, sebenernya saya juga sedang belajar dan berupaya untuk tidak melalaikan sholat, bukan bermaksud untuk menggurui atau apapun, saya cuma pengen share aja sama temen-temen hehe terima kasih sudah membaca, and see you :)

Komentar

Pos populer dari blog ini

Perbedaan deret Fourier Sinus/cosinus dan deret Fourier biasa

Assalamu'alaikum..
Selamat Pagi :)
Semoga hari ini secerah cuaca luar, sedamai kokokan ayam *naon naon
Semoga kuis kalkulus peubah banyak siang nanti lancar, aamiin..

Di kuliah semester 4 jurusan Matematika di suatu perguruan tinggi, ada mata kuliah yang berjudul PPD alias Pengantar Persamaan Diferensial. Entah kapan kami akan belajar Persamaan Diferensialnya saja karena setelah PPD itu baru belajar Persamaan Diferensial Biasa.

Nah di salah satu bab nya ada bahasan mengenai deret Fourier *dibaca 'Foye'. Deret Fourier adalah deret yang menghampiri suatu fungsi dengan sinus dan cosinus. Sesuai judul cerita pagi ini, saya akan sedikit membahas mengenai judul tsb.

Kalau dilihat sekilas, deret Fourier biasa dan deret Fourier Sinus/cosinus itu sama, namun ternyata ada sedikit perbedaan yaitu pada selang nya. Kalau deret Fourier biasa itu selangnya misal dari -Pi<0<Pi maka deret Fourier Sinus/cosinus hanya berselang pada 0<Pi.

Kemudian, untuk membentuk suatu pemerintah …

Keukenhof, Taman Bunga Terbesar di Dunia

Mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar tentang Keukenhof. Keukenhof adalah sebuah taman bunga yang ada di negara kincir angin, Belanda. Keukenhof terletak di sebuah kota kecil bernama Lisse, Belanda Selatan. Taman bunga ini buka pada saat musim semi yaitu sekitar akhir bulan Maret hingga akhir bulan Mei. Pada tahun ini, Keukenhof buka pada tanggal 24 Maret sampai tanggal 20 Mei 2011. Pada hari itu Keukenhof buka mulai pukul 08.00 sampai 19.30 waktu setempat.

Awalnya, tempat ini merupakan areal perkebunan pribadi milik Countess of Holland – Jacoeba van Beieren yang memerintah kerajaan tersebut pada 1401 – 1436. Tempat yang luas ini dipergunakan untuk menanam berbagai jenis sayuran, obat-obatan dan rempah-rempah yang dipergunakan untuk bahan memasak makanan keluarga kerajaan. Karena itulah, tempat ini dinamakan ‘Kebun Dapur’ yang dalam bahasa setempat disebut ‘Keukenhof’.

Taman ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1949 sebagai obyek wisata oleh walikota Lisse, W.J.H. Lambooy yan…

Asal Usul Bunga Tulip

Hai teman, berjumpa lagi dengan saya :D kali ini saya pengen share tentang asal usul bunga tulip.
hari gini, siapa sih yang ga tau bunga tulip? Yap! salah satu jenis bunga yang berasal dari divisi Magnoliophyta, kelas Liliopsida, orde Liliales, dan keluarga Liliaceae ini menjadi ikon terkenal suatu negara.

Negara apa hayoo? tau ga tau ga? Ya betul! negara Belanda !
Kalo denger tulip pasti identik ama negara kincir angin itu, bener ga? -ya bener-
tapi nih tau ga teman, kalo tulip tuh ternyata bukan berasal dari Holland, tapi dari Turki.

Ceritanya gini nih teman...

Bunga tulip sebenarnya bunga liar yang tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan, Asia Tengah. Orang-orang Turki yang pertama kali membudidayakan bunga ini pada di awal tahun 1000-an dan pada masa pemerintahan kekhalifahan Ustmaniyah, terutama pada masa kekuasaan Sultan Ahmed III (1703-1730) bunga tulip berperan penting, sehingga masa Sultan Ahmed III disebut juga sebagai “Era B…